Tuesday, February 16, 2016

Presiden Jokowi : Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans – Sumatera Sangat Cepat


Presiden Jokowi Gembira Pantau Perkembangan Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera


Berita Jokowi TerbaruPresidenJokowi belum lama ini kembali mengunjungi protek pembangunan jalan Tol – Trans Sumatera, tepatnya pada daerah ruas jalan Bakauheni – Terbanggi Besar – Lampung. Presiden Jokowi menilai pengerjaan proyek pembangunan Jalan Tol – Trans Sumatera berjalan dengan cepat dan dipastikan akan selesai tepat waktu jika pengerjaannya stabil seperti sekarang.

"Pengerjaan Tol Trans-Sumatera di Lampung, khususnya di Desa Sabahbalau, paling cepat disusul daerah lainnya seperti di Sulawesi sehingga saya terus memantau perkembangannya," Tutur Presiden Jokowi saat berkunjung di ruas jalan Tol Trans – Sumatera ( JTTS ) di Desa Sabahbalau – Lampung, Kamis (11./2/2016).

Presiden Jokowi menyatakan bahwa dirinya sangat gembira dengan melihat perkembangan pembangunan jalan Tol – Trans Sumatera di Lampung, pasalnya pembangunan jalan Tol – Trans Sumatera hingga sekarang sudah mencapai beberapa kilometer.

Dalam kunjungannya tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, M Ridho Ficarno Gubernur Lampung, serta beberapa pejabat lainnya yang juga telah menemani saat kunjungan Presiden Jokowi sebelumnya.

“Saya memantau perkembangan Jalan Tol untuk yang ketiga kalinya di Desa Sabahbalau ini” Ucap Presiden Jokowi. Dalam pengerjaannya Jalan Tol – Trans Sumatera ini pemerintah telah menyiapkan anggaran dana sekitar Rp. 1.2 Triliun untuk sisa ganti rugi pembebasan lahan di Lampung.

"Anggaran ini segera kami persiapkan karena pembangunan berjalan cepat dan 'turun' dana masih terlambat," penuturan Presiden ketika berkunjung ke Jalan Tol Trans - Sumatera ( JTTS ) di Desa Sabahbalau - Lampung, Kamis ( 11/2/2016 ).

Presiden Jokowi juga menuturkan bahwa beberapa ruas jalan tol trans – Sumatera ini akan diujicobakan untuk dapat dilalui pada arus mudik lebaran idul fitri mendatang. Namun dalam ujicoba tersebut hanya kendaraan pribadi saja yang diperbolehkan untuk melewatinya, tidak untuk kendaraan truk muatan ataupun bus.

Dilain sisi, Jalan Tol – Trans Sumatera yang menghubungkan antara jalan Ir. Sutami dengan Kotabaru – Lampung Selatan atau sebaliknya yang memiliki panjang sekitar 7 Kilometer direncanakan akan dapat dipakai ketika menjelang lebaran hari raya idul fitri mendatang.

"Bulan Maret 2016 target gerbang tol selesai sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi macet pada arus mudik mendatang. Kami akan membuka gerbang tol di dua lokasi itu," Ucap Manajer Enginer PT Waskita Karya, Marsesa Edward.

Dalam pengerjaanya hingga saat ini PT Waskita Jaya sudah merampungkan jalan sepanjang 4 Kilometer dari total jalan sepanjang dari lahan yang sudah dibebasakan oleh pemerintah daerah.

Manager PT Waskita Jaya menyebutkan bahwa penggarapan Jalan Tol – Trans Sumatera akan bisa dirampungkan tepat waktu sesuai dengan target apabila penggarapan dapat dilakukan secara stabil dengan menyelesaikan 200 – 300 meter jalan dalam seharinya.

Maka dari itu pihak PT Waskita Jaya meminta kerjsama pemerintah untuk segera menyelesaikan pembebasan lahan yang belum selesei untuk pembangunan jalan Tol – Trans Sumatera.

"Permasalahannya lahan yang belum dibebaskan, kami baru mengerjakan 4 km dari 5 km lahan yang telah dibebaskan," imbuh Manager PT. Waskita Jaya.

Dalam mega proyek jalan Tol – Trans Sumatera ini PT Waskita Jaya mentargetkan akan menyelesaikan jalan sepanjang 40,6 kilometer dan akan rampung pada akhir tahun 2017 nanti.


Baca Juga Berita Jokowi Blusukan :
http://smeaker.com/nasional/7876/berita-hari-ini-jokowi-blusukan-ke-kampung-kumuh-palembang-pemerintah-setempat-kebakaran-jenggot/

No comments:

Post a Comment